Ini Dia Cafe Mocha Paling Enak di Antara 5 Jaringan Gerai Kopi di Indonesia

Ini Dia Cafe Mocha Paling Enak di Antara 5 Jaringan Gerai Kopi di Indonesia

Cafe Mocha atau Mochacinno adalah kopi paling enak buat saya. Soalnya saya tuh suka kopi tapi engga segitunya sampe-sampe mampu minum kopi tanpa digulain. Pernah sih, sok-sokan mesen Espresso. Ujung-ujungnya merasa engga sanggup abisin dan akhirnya mesen Capucinno, terus Espressonya saya tambahin ke situ. Kayanya waktu itu suami saya mau ngetawain saya, tapi engga tega. Saya sendiri sampai sekarang masih nyari cara supaya suami saya bisa seutuhnya ngelupain kejadian saya sok-sokan mesen Espresso itu.

♥ Cafe Mocha? ♥

Cafe Mocha adalah perpaduan antara espresso, susu dan cokelat. Cokelat yang dipakai bisa berbentuk bubuk ataupun sirup. Sementara susunya, bisa dengan foam atau bisa juga tidak.

Buat saya yang cupu ini, Cafe Mocha adalah cara sempurna menikmati kopi dan cokelat (para pecinta kopi, maafkan aku yang lemah ini). Dia tuh ibarat cewe yang dasarnya udah cantik, terus dandan, jadi tambah cantik! Soalnya kopi yang dikombinasikan dengan susu seperti Cafe Latte, Capucinno, dan lainnya saja udah enak, ini ditambah lagi pakai cokelat, satu rasa paling populer di dunia.

Saking sukanya, setiap ke warung kopi biasanya saya pesen Cafe Mocha. Jadi saya sering membandingkan antara Cafe Mocha yang dijual di satu kedai dengan kedai lainnya.

Nah, berhubung warung kopi di Indonesia itu engga kehitung banyaknya, jadi di sini saya coba membandingkan cafe mocha yang dijual di beberapa gerai kopi franchise yang bisa dibilang lumayan tenar, paling engga di Jakarta. Dan karena sejauh yang saya rasakan dan perhatikan, walaupun di gerai kopi dengan nama yang sama, namun lokasi yang berbeda, rasanya dapat berbeda. Oleh karena itu akan saya tulis juga lokasi gerai kopinya.

Saya bukan ahli tentang kopi, saya hanya cewe cupu biasa penikmat kopi yang dicampur gula. Jadi mungkin bisa ada perbedaan interpretasi rasa dan mohon maaf kalau salah yah..


1. Starbucks

Cabang: Dipati Ukur Bandung, Rest Area Jagorawi, Rest Area Cikampek, Green Terrace Taman Mini, dll (banyak pokoknya, soalnya setiap ke Starbucks selalu pesen Cafe Mocha)

Cafe Mochanya Starbucks adalah salah satu yang rasanya paling konsisten di cabang manapun. Mulai dari Starbucks di Jakarta sampai Bandung, kayanya takarannya selalu kurang lebih sama. Rasa manis Cafe Mocha ini berasal dari susu dan sirup cokelatnya, jadi engga terlalu manis dan kalau pelanggan mau, tentu bisa ditambahin gula lagi. Rasa kopi di Cafe Mocha Starbucks lebih kuat dari rasa cokelatnya, jadi mungkin ini juga yang membuat rasanya terasa sedikit pahit diujung lidah.

20170420_164728
Cafe Mocha Starbucks disediakan di dalam gelas Styrofoam

Saya suka beli Cafe Mocha ini dalam perjalanan nyetir Jakarta-Bandung atau kebalikannya, dan minuman ini selalu sukses bikin saya segar selama perjalanan.

Harga: IDR 47k (Grande) IDR 54k (Venti)

2. The Coffee Bean and Tea Leaf

Cabang: Trans Studio Mall Bandung

The Coffee Bean and Tea Leaf adalah gerai kopi yang paling jarang saya kunjungi di dalam list ini, karena menurut saya sih harga yang mereka banderol agak mahal, bahkan dibandingkan dengan Starbucks.

Sebenernya mereka gak jual menu dengan nama Cafe Mocha, tapi mba-mbanya bilang Swiss Mocha Latte itu ya sama aja seperti Cafe Mocha (hm, iya deh), soalnya minuman itu campuran kopi (dia engga bilang itu Espresso), susu dan cokelat dari Swiss. Duile, gaya kan. Awalnya saya minta supaya gulanya dikurangin, tapi ternyata mbanya bilang gulanya engga bisa dikurangin soalnya udah dari sananya (agak gak paham, masa sih udah sachetan? yaudah iya aja deh saya).

the coffee bean 2

Rasanya sendiri menurut saya manis banget, lebih ke creamy susu dan coklat, sementara rasa kopinya seperti timbul tenggelam layaknya saya waktu belajar berenang.

Harga: IDR 52k (kecil), IDR 55k (sedang), IDR 58k (besar)

3. Excelso

Cabang : Trans Studio Mall, Bandung & Green Terrace TMII, Jakarta

Cafe Mocha di Excelso agak membingungkan nih buat saya. Saya baru pernah mencoba Cafe Mocha Excelso di 2 cabang mereka, dan anehnya, buat saya rasanya kok kaya bertolak belakang dua-duanya.

Saya sempet dibuat terpana waktu mencoba Cafe Mocha Excelso di Trans Studio Mall. Enak banget. Manisnya, kopinya, susunya, cokelatnya, semua buat saya pas. MasyaAllah, susah deh buat ngelupain rasanya. Sampe-sampe pengen salim sama baristanya, tapi dia bukan Bapak saya dan dia juga gak pernah ngajarin saya ngaji, gak jadi deh hehe.

Satu-satunya yang kurang adalah cara penyajiannya dengan menggunakan cup dengan pegangan aneh yang isinya sedikit. Dan karena itu pula, setelah saya pikir-pikir Cafe Mocha di Excelso jauh lebih mahal daripada Starbucks dan The Coffee Bean, dengan harga kurang lebih sama, isinya lebih sedikit.

excelso 1
Cafe Mocha Excelso Green Terrace Taman Mini

Ingin mengulangi rasa Cafe Mocha indah dari Excelso di TSM Bandung, saya berkunjung ke Excelso Green Terrace Taman Mini, berharap akan mendapatkan pengalaman yang sama seperti sebelumnya.

Eh, tapi, kok rasa Cafe Mocha yang ini beda sama yang saya coba pertama. Seperti ada sesuatu yang kurang aja gitu. Mungkin karena saya udah mencoba Cafe Mocha yang enak banget sebelumnya di Excelso Bandung, jadi saya udah berekspektasi terlalu tinggi.

Harga: Approx. IDR 50k (setelah pajak)

4. Anomali Coffee

Cabang: Kemang Raya, Jakarta

Ini dia Cafe Mocha dengan presentasi paling niat dari 5 gerai kopi franchise yang ada dalam postingan saya kali ini. Waktu saya pesan, baristanya malahan ngasi 2 pilihan untuk penyajiannya. Mau pakai cangkir atau pakai styrofoam cup? Yah, karena saya minum di tempat dan pengen aja gitu minum kopi dari cangkir kopi beneran, jadi saya pesen untuk disajikan dengan cangkir gelas.

Bisa dilihat dalam foto di bawah, kalau latte art-nya jenis rosetta dan yang paling oke dibandingkan dengan gerai kopi lainnya. Tapi, tetep dong, apalah arti dari penampilan kalau rasanya gak OK?

Anomali 1.jpg

Untungnya setelah saya coba, enak banget deh menurut saya. Sesotoynya saya, Cafe Mocha di Anomali ini punya komposisi paling pas buat lidah saya. Baristanya menyajikan engga pakai gula, tapi sudah sedikit manis dari susunya. Saran saya sih, engga usah dikasih gula lagi, soalnya saya udah coba terus rasanya jadi buyar, hiks. Untung tinggal dikit sih.

Harga : IDR 40k (Reguler), IDR 45k (Large)

5. J.CO

Cabang: Green Terrace TMII Jakarta, Tamini Square, Cipinang Indah Mall

Pada menu J.Co, gak ada menu Cafe Mocha, tapi yang ada Mocha Espresso (beberapa tahun yang lalu malah nama menunya Mochabella). Yang kalau saya pikir-pikir, udahlah, sama aja kali ya! Mocha Espressi kayanya juga campuran antara cokelat dengan espresso.

Menurut saya nih, rasa Mocha Espresso di J.Co tuh engga konsisten, bahkan di cabang yang sama sekalipun (maapin aku J.Co, aku tetap suka kamu, tapi aku harus jujur). Sebagai contoh, pernah suatu kali pesan Mochabella di J.Co cabang Tamini Square dan saya ngerasa itu kopi rasanya enak banget. Pokoknya campurannya pas deh. Beberapa hari kemudian saya beli menu yang sama di J.Co cabang Green Terrace, eh rasanya beda sama yang sebelumnya. Bukannya gak enak, cuma lebih enak yang di Tamini Square.

jco.jpg

Lagi-lagi saya kembali lagi ke J.Co Green Terrace dan seperti biasa, pasti yang saya pesan itu sejenis Cafe Mocha. Dan, SubhanAllah, kali ini rasanya enak banget, lebih enak daripada yang dulu saya beli di J.Co Tamini Square. Cafe Mocha yang saya beli beberapa waktu lalu di Green Terrace ini mungkin gak akan disukai oleh para penikmat kopi garis keras, soalnya rasa kopinya dan susunya samar-samar sementara rasa cokelatnya sangat dominan.

Buat saya yang pecinta cokelat sih, ini enak banget. Tapi, di sini saya lagi ngomongin tentang Cafe Mocha yang harusnya sih, ini tuh tentang kopi.

Harga: IDR 35k (Reguler), IDR 40k (Large)


 ♥ Mana Yang Paling Enak? ♥

Walaupun menurut saya semuanya enak, tapi saya tetap harus memilih salah satu yang terbaik.

Cafe Mocha yang paling enak di antara 5 gerai kopi franchise di Indonesia yang saya urutkan di atas, menurut saya benar-benar mewakili rasa-rasa yang ada di dalam Cafe Mocha, yaitu Espresso, cokelat dan  susu.

Rasanya seimbang, tidak ada rasa yang kontras dan mau menang sendiri, semuanya dapat porsinya masing-masing. Pilihan saya itu, jatuh kepada Cafe Mocha Anomali Coffee.

 

Iklan

8 tanggapan untuk “Ini Dia Cafe Mocha Paling Enak di Antara 5 Jaringan Gerai Kopi di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s