Edisi Bebas Visa: Jalan Jalan ke Singapura Dengan Modal Seadanya

Edisi Bebas Visa: Jalan Jalan ke Singapura Dengan Modal Seadanya

Studi sejarah membuktikan bahwa di Singapura tidak pernah ada singa. Loh? Terus kok bisa dinamakan Singapura? Usut punya usut, seorang anak penguasa Palembang bernama Sang Nila Utama, yang dahulu kala berkunjung ke pulau Temasek, ternyata salah lihat! Jadi apa dong yang dilihat oleh Sang Nila Utama?

Masih berdasarkan studi sejarah, kemungkinan besar yang dilihat beliau pada saat itu adalah seekor macan atau harimau.

Setelah kunjungannya ke Pulau Temasek (dahulu kala Pulau Singapura disebut sebagai Temasek/Temasik, sebuah kata dari Bahasa Jawa yang berarti Kota Laut), Sang Nila Utama memutuskan untuk membuat sebuah kota di pulau tersebut bernama Singapura.

Jauh setelah Sang Nila Utama, sekarang Singapura telah menjelma menjadi negara termaju di Asia Tenggara dan menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat Indonesia yang pertama kali jalan-jalan ke luar negeri.

Berlabel negara maju, biaya hidup di Singapura termasuk tinggi. Hal ini membuat banyak orang Indonesia yang ingin jalan-jalan ke Singapura bertanya-tanya, gimana caranya dong supaya bisa tetap jalan-jalan ke Singapura tapi dengan budget terbatas? Tenang aja, di mana ada kemauan, InsyaAllah di situ ada jalan, hihi.. Yuk disimak gimana caranya jalan-jalan ke Singapura dengan budget hemat:

1. Tiket Promo

Mengenai transportasi menuju ke Singapura, ada banyak maskapai yang menyediakan rute tujuan Jakarta-Singapura dan sebaliknya. Beberapa di antaranya adalah LCC atau Low Cost Carrier yang tentunya berharga lebih murah daripada maskapai full service seperi Singapore Airlines atau Garuda Indonesia.

Adapun maskapai yang sering mengadakan promo Jakarta-Singapura adalah Air Asia, Tiger Airways dan Jetstar.

air asia.jpg
Sumber: pixabay.com

Untuk mendapatkan tiket promo kamu harus sering-sering cek apakah maskapai tersebut sedang mengadakan promo atau tidak. Agar dapat info lebih cepat, saranku kalian mesti langganan newsletter dari maskapai-maskapai tersebut, jadi kalian akan menjadi salah satu yang pertama tahu ketika mereka mengadakan promo.

Jangan lupa hapus cookies sebelum membeli tiket yah, karena kadang ada website-website tertentu yang bisa men-track kita sudah searching apa sebelumnya. Aku sendiri pernah punya pengalaman browsing harga tiket beberapa hari sebelum berangkat. Lalu ketika keesokan harinya aku mau beli, kaget banget, ternyata harganya sudah naik. Gak habis akal, aku hapus cookiesnya dan taraaa.. harganya kembali seperti yang sebelumnya aku lihat.

Harga normal tiket pesawat Jakarta-Singapura PP sekitar 700 ribu – 1,3 juta. Kalau kalian jeli dan sabar, bisa aja loh dapat tiket PP seharga 400 ribu-an!

2. Akomodasi

Hotel di Singapura memang terbilang mahal. Untuk kamar berukuran sangat kecil (sampe susah bergerak) aja bisa dibanderol sampai 500 ribu – 600 ribu permalam. Itu saja sudah yang paling murah dan hotel paling murah tersebut biasanya terletak di Geylang. Cuma hati-hati, karena Geylang terkenal sebagai red disctrict atau tempat prostitusi di Singapura.

Nah, untuk menyiasatinya, kalian bisa pilih penginapan ala Backpacker atau hostel yang banyak banget bertebaran di Singapura. Sebelum memutuskan akan memilih tinggal di Hostel mana, kalian disarankan untuk membandingkan harga, karena apabila kurang jeli, ada banyak hostel yang jatuhnya lebih mahal daripada hotel 🙂

5footwayinn chinatown.jpg
Hostel 5footwayinn Project Chinatown, Sumber: Hostelworld.com

Di hostel kalian akan menemukan pilihan untuk sekamar dengan sesama jenis kelamin atau campur. Biasanya kamar campur akan lebih murah daripada yang sesama jenis dan biasanya sih kamar ini diisi oleh cowok-cowok saja.

Serunya menginap di Hostel, kalian dapat berkenalan dengan banyak orang yang berasal dari negara yang berbeda-beda loh.

3. Transportasi

JANGAN NAIK TAKSI kecuali terpaksa. Itu kalau kalian mau hemat ya, hehehe..

Ongkos taksi konvensional di Singapura minta ampun mahalnya dan kurang lebih sama aja dengan taksi onlinenya. Sebagai contoh nih ya, aku pernah naik taksi dari Changi ke daerah SCBD Singapura sekitar jam 10 pagi dan aku harus bayar kurang lebih SGD 21! Yang kalau dirupiahkan sekitar 200 ribu aja gituh. Waktu itu aku bayarnya gemeteran.

MRT Singapore.jpg
MRT di Singapura, Sumber: pixabay.com

Kalian bisa memilih MRT dan bis sebagai alternatif transportasi selama di Singapura karena jelas jauh lebih murah. Apabila kalian berencana untuk berkeliling Singapura, ada baiknya kalian mempertimbangkan untuk membeli Singapore Tourist Pass/tiket terusan untuk naik MRT dan bis. Harga tiket terusan untuk 3 hari adalah sebesar SGD 20, dan kalian bebas naik bis, MRT dan LRT kemana aja di Singapura.

4. Makan Hemat

Apabila kalian menginap di Hostel, sarapan yang disiapkan hanya sekitar roti beserta selainya dan sereal beserta dengan susunya. Saran dari aku nih, makan aja semua yang disedian pagi itu supaya gak cepet lapar sampai siang! Hehe.. itu kalau perut kalian segede aku yang muat apaan aja yah.

Selain itu, kalian juga bisa membawa perbekalan dari Indonesia seperti mi instan, mi gelas, saos dan sebagainya. Gak untuk setiap hari, tapi bolehlah sekali-kali.

BTFC_singapore_hawker_stalls_002.jpg
Sumber: kimandphilphoto.com

Di Singapura tersedia beberapa warung makan Padang seperti Garuda. Tapi eit, tunggu dulu, jangankan di Singapura, di Indonesia aja rumah makan ini udah termasuk mahal. Apabila kalian ingin menghemat makan ketika di Singapura, pilihlah makan di hawker atau food court. Itupun gak bisa gembel-gembel amat. Yah paling engga SGD 5 sampai SGD 10 deh.

Tips lainnya, kalian bisa membawa botol kosong untuk diisi air minum daripada membeli air minum kemasan yang harganya bisa sampai SGD 2.

5. Tempat Wisata Gratis

Ada banyak sekali tempat wisata yang tidak memerlukan tiket masuk di Singapura. Sebut saja, Gardens By The Bay (kecuali masuk ke beberapa museum tanamannya), Merlion, Clarke & Boat Quay, belanja di Chinatown dan Little India.

gardens-by-the-bay-1642905_1920.jpg
Gardens by The Bay, Sumber: pixabay.com

Namun apabila kalian tetap ingin mengunjungi tampat-tempat wisata iconic Singapura yang masuknya berbayar seperti Universal Studio atau Singapore Flyer, kalian bisa kunjungi halaman ini . Bukan jualan loh, aku juga engga kenal dengan yang menjual, tapi yang jelas Bu Sandra (penjualnya) adalah warga negara Indonesia yang tinggal di Singapura dan dia menjual tiket-tiket tempat wisata yang lebih murah daripada yang bisa kita temui langsung di tempat wisatanya.

6. Visa

Singapura adalah salah satu negara yang membebaskan visa bagi warga negara Indonesia dalam waktu kunjungan maksimal 30 hari. Gak ada persiapan khusus yang perlu kamu persiapkan untuk visa masuk ke Singapura. Cukup siapkan paspor yang masih berlaku maksimal 6 bulan sebelum habis masanya dan isi form yang akan dibagikan oleh pramugari ketika akan mendarat. Apabila kamu ketiduran dan gak menerima form tersebut, kalian akan menemukan form tersebut di bandara, sebelum pemeriksaan imigrasi.


Gimana, mudah bukan jalan-jalan ke Singapura? Yuk, menabung dan jalan-jalan 🙂

Iklan

Satu tanggapan untuk “Edisi Bebas Visa: Jalan Jalan ke Singapura Dengan Modal Seadanya

  1. Singapura memang negara kecil tapi berkualitas. Singapore Airlines, Changi, dua ikon yang mendunia. Karena semua impor dan mereka hidup dari jasa perkantoran, pengolahan, pelabuhan dan penerbangan, jadinya semua mahal. Konon mereka sangat terancam jika Malaysia menghentikan suplai air tawar dari Johor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s