Enak Sekali! Ini 18 Ide Oleh-Oleh Kuliner Dari Sabang sampai Merauke

Enak Sekali! Ini 18 Ide Oleh-Oleh Kuliner Dari Sabang sampai Merauke

Bicara mengenai macam kuliner yang tersebar di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, memang tidak ada habisnya! Jadi, jangan khawatir kehabisan ide untuk menyuguhkan hidangan khas nusantara bagi kalian yang kedatangan tamu dari luar Indonesia atau sekedar penasaran  dan lapar saja.

Beragamnya jenis kuliner di Indonesia mencerminkan banyaknya kebudayaan yang ada. Bayangkan, Indonesia memiliki kurang lebih 6000 pulau dengan ribuan suku yang ada. Tentunya mereka mempunyai lidah, sumber daya alam dan cita rasa yang berbeda-beda. Nah, yuk kita simak apa saja sih, oleh-oleh lezat dari seluruh nusantara!

1. Sumatera

Kopi Ulee Kareng, Aceh

kopi-ulee-kareng
Sumber: bistip.com

Minum kopi sudah menjadi budaya yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat Aceh. Alhasil, nongkrong di warung kopi pun menjadi kebiasaan sehari-hari mereka. Nah, salah satu warung kopi paling terkenal di Aceh adalah warung kopi Solong yang terletak di Ulee Kareng. Dari sinilah tercipta  Kopi Ulee Kareeng yang terkenal itu.

Kalau di warung-warung kopi, biasanya masyarakat Aceh mencampur kopi mereka dengan susu. Enak dan tak terlupakan!

Range Harga: Rp 20.000 – Rp 30.000 / 200 gram

Bolu Meranti, Medan

bolu-meranti
Sumber: bolumeranti.co.id

Pada awalnya Bolu Meranti adalah usaha rumahan yang dititipkan ke salah satu toko di Jalan Meranti. Namun lama kelamaan, karena kelezatannya, peminat Bolu Meranti semakin bertambah sehingga mereka akhirnya membuka toko sendiri. Walaupun toko baru tersebut tidak terletak di Jalan Meranti, mereka tetap menamakan penganan ini dengan embel-embel Meranti yang sudah terlanjur melekat.

Tidak aneh kalau Bolu Meranti menjadi salah satu oleh-oleh wajib dari Medan karena rasanya yang manis dan gurih, apalagi dengan tekstur lembutnya, Bolu Meranti seringkali membuat kangen!

Range Harga: Rp 60.000 – Rp 100.000

Keripik Balado, Padang

kripik-balado
Sumber: Cipika.co.id

Padang memang rumahnya segala macam yang dibalado, termasuk keripik singkong 🙂 Beberapa yang paling terkenal adalah keripik balado Shirley dan Christine Hakim. Keduanya sama enaknya!

Rasa Keripik Balado tidak hanya terbatas pada rasa pedas saja loh. Sekarang ini rasa-rasa unik keripik balado seperti keripik balado durian banyak beredar di Padang.

Range Harga: Rp 20.000 – Rp 50.000

Pisang Coklat Aneka, Lampung

keripik-pisang-lampung
Sumber: makananlampung.com

Jalan-jalan ke Lampung? Jangan lupa bawa oleh-oleh paling enak dan terkenal dari Lampung yang satu ini. Ya, pisang cokelat aneka! Kalian tidak akan kesulitan untuk mencari oleh-oleh yang satu ini karena saking menjadi favoritnya, setiap toko oleh-oleh pasti menyediakan penganan yang satu ini.

Selain cokelat sebagai rasa favorit, masih banyak rasa-rasa lainnya yang tersedia seperti: melon, susu, durian, dan sebagainya.

Range Harga: Rp 15.000 – Rp 25.000

2. Jawa

Bolen Kartikasari, Bandung

bolen-kartikasari
Sumber: katalogwisata.com

Kartika Sari adalah salah satu nama toko oleh-oleh yang banyak dikunjungi di Kota Bandung. Mereka menjual banyak sekali ragam makanan yang dapat dijadikan oleh-oleh dari Bandung. Namun satu makanan yang paling terkenal dan wajib dibawa setelah berkunjung ke Bandung adalah, bolen Kartika Sari!

Bolen Kartika Sari memiliki berbagai rasa dan varian seperti, keju dan keju cokelat. Mereka bahkan menyediakan varian bolen mini yang lebih kecil. Namun yang jadi favorit, tentunya rasa keju cokelat.

Range Harga: Rp 45.000 – Rp 65.000

Almond Crispy, Surabaya

almond-crispy
Sumber: agenkuliner.com

Ada beberapa merk yang menjual Almond Crispy di Surabaya, salah satunya adalah Wisata Rasa yang memiliki beberapa varian rasa seperti cokelat, green tea dan almond cheese. Almond Crispy menjadi terkenal karena kelezatan dan kerenyahannya. Sekarang ini, tentunya almond crispy tidak sulit ditemui di Surabaya, atau bahkan di Jakarta walaupun dengan harga yang lebih mahal.

Range Harga: Rp 50.000 – Rp 70.000

Mochi, Semarang

mochi-semarang
Sumber: anekawisata.com

Tekstur kenyal dengan rasa manis berpadu dengan gurihnya kacang yang menjadi isian menjadikan Mochi kudapan yang membuat rindu. Ketika kamu berkunjung ke Semarang, jangan lupa bawakan makanan yang satu ini untuk yang tersayang di rumah 🙂

Range Harga: Rp 25.000 – Rp 50.000

Bakpia, Jogja

bakpia-pathok
Sumber: bakpiapathok25.com

Pada awalnya Bakpia dibuat oleh seorang Tionghoa di Jogjakarta, namun dengan isian yang berbeda dengan sekarang. Apabila sekarang isian yang umum adalah cokelat, strawberry, durian, kacang hijau dan original, maka pada mulanya bakpia berisikan daging.

Kalau kamu sedang berada di Jogjakarta, bisa juga membeli oleh-oleh Bakpia sambil berjalan-jalan di pabriknya, sekalian juga agar harganya lebih murah 🙂

Range Harga: Rp 15.000 – Rp 50.000

3. Bali

Pia Legong, Bali

pia_legong
Sumber: wisatabaliku.com

Pia Legong adalah salah satu oleh-oleh yang belinya pakai perjuangan! Mereka hanya dapat ditemukan di satu tempat di Bali, yaitu di Jalan Raya By Pass Ngurah Rai Ruko Kuta Megah Nomor 15. Kenapa pakai perjuangan? karena Pia Legong benar-benar tidak ditemukan di tempat lain selain di ruko tersebut, kalaupun ada harganya menjadi sangat mahal, bahkan bisa 2 kali lipatnya!

Pia Legong tidak punya stok, jadi apa yang dijual hari itu, dibuat pada hari yang sama. Jadi bagi kalian yang ingin membeli pia ini, diharapkan untuk pesan dulu beberapa hari sebelumnya. Kalau mau datang dan mengantri langsung juga bisa, hanya saja satu orang dibatasi pembeliannya maksimal 2 box.

Disamping perjuangan untuk membelinya, rasa Pia Legong memang sungguh enak! Mereka mempunyai 3 macam rasa yaitu cokelat, keju dan kacang hijau. Kalau favoritku sih rasa cokelat. Ayo cobain dan tentuin rasa favorit kamu yang mana.

Range Harga: Rp 90.000 – Rp 180.000

Pie Susu, Bali

pie-susu-bali
Sumber: piesusubliman.com

Kalau yang satu ini sih, tidak seperti Pia Legong, lebih mudah dicari! Kalian bisa berkunjung ke Krisna (Toko oleh-oleh besar di Bali) dan membeli Pie Susu yang cukup enak di sana.

Range Harga: Rp 15.000 – Rp 30.000

4. NTB & NTT

Ayam Taliwang, Lombok

ayam-taliwang
Sumber: telusurindonesia.com

Ayam taliwang adalah salah satu kuliner terkenal di Lombok, disamping plecing kangkungnya. Mudah sekali untuk menemukan restoran atau tempat makan yang menyajikan ayam berbumbu pedas satu ini. Kalian bisa memilih cara memasak ayam taliwang dengan dibakar atau digoreng.

Range Harga: Rp 50.000an

Se’i, Kupang

sei
Sumber: seihouse.blogspot.com

Nah, yang satu ini mungkin agak asing di telinga, terutama buat kaum muslim. Karena Se’i adalah daging babi yang diasap dengan kayu mahoni dan diiris tipis setelahnya. Dengar-dengar sih Se’i rasanya enak sekali dan paling cocok dimakan dengan nasi. Buat kalian kaum muslim yang ingin mencoba Se’i bisa juga kok, karena sekarang sudah tersedia Se’i daging sapi.

Range Harga: Rp 100.000 – Rp 250.000

5. Kalimantan

Dendeng Kepiting, Balikpapan

dendeng-kepiting-khas-balikpapan
Sumber: oleholehetam.com

Kalau biasanya dendeng terbuat dari daging sapi, yang satu ini berarti lebih unik karena terbuat dari daging kepiting.

Oleh-oleh yang satu ini bisa dinikmati bersama nasi untuk makan sepanjang hari. Namun tetap bagi kalian yang senang nyemil, dendeng kepiting juga bisa dijadikan cemilan loh!

Range Harga: Rp 70.000 – Rp 80.000

Amplang, Banjarmasin

amplang-banjarmasin

Amplang atau yang kadang disebut juga dengan “Kuku Macan” adalah penganan yang diolah dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung dan bumbu-bumbu lainnya. Teksturnya biasanya lembut dan rasanya gurih. Cocok sekali untuk teman minum teh atau kopi di sore hari.

Range Harga: Rp 20.000 – Rp 120.000

6. Sulawesi

Sambal Roa, Manado

sambel-roa-judes3
Sumber: aremafood.com

Salah satu sambal Roa yang paling terkenal adalah Sambal Roa JuDes. Walaupun sang pendiri bukan berasal dari Manado, namun kelezatan Sambal Roa nampaknya menginspirasinya untuk memulai bisnis sambal ini.

Sambal Roa terbuat dari Ikan Roa yang sebelumnya sudah diasap, kemudian dicampur dengan cabe, bawang dan bumbu lainnya. Wah, mendengarnya saja aku langsung merasa kalau Sambal Roa ini sangat cocok dimakan sebagai teman makan nasi

Range Harga: Rp 20.000 – Rp 30.000

Halua Kenari, Manado

halua-kenari
Sumber: sarungkoper.com

Seperti namanya, Halua Kenari dibuat dari campuran kacang kenari yang telah dikupas dan dicampur dengan gula merah dan air. Sederhana sekali resepnya, tapi rasanya yang manis-manis gurih, hmm, bikin ketagihan!

Penganan ini seringkali menjadi teman cemilan dan minum teh atau kopi pahit bagi masyarakat yang tinggal di Manado.

Range Harga: Rp 15.000 – Rp 20.000

7. Papua

Keripik Keladi, Sorong

keripik-keladi
Sumber: Imgrum.com

Wah, ini dia primadona oleh-oleh dari Kota Sorong, Tanah Papua. Seperti halnya oleh-oleh utama di suatu daerah, Keripik Keladi sangat mudah ditemukan. Baik di toko oleh-oleh, supermarket sampai bandara.

Keripik Keladi sendiri terbuat dari umbi khas Papua, Keladi. Untuk mencarinya di luar Papua sepertinya agak sulit. Jadi kalau kalian berkunjung ke Sorong, jangan lupa membawa pulang Keripik Keladi sebagai oleh-oleh.

Range Harga: Rp 15.000 – Rp 25.000

Dendeng Rusa, Merauke

dendeng-rusa
Sumber: Indonesiakaya.com

Kalau di Balikpapan ada dendeng kepiting yang sudah unik, di Merauke ada yang unik juga nih! Iya, dendeng rusa!

Untuk di beberapa wilayah Indonesia, rusa menjadi hewan yang dilindungi. Tapi tidak di Merauke, tempat yang menjadi salah satu persebaran rusa terbesar di Indonesia. Karena saking banyaknya, maka rusa menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi di Merauke dan banyak ditemui di tempat-tempat makan.

Nah, bagi kalian yang penasaran gimana rasanya daging rusa tapi masih pemula, bisa icip-icip dulu dendeng ini.

Range Harga: Rp 60.000 – Rp 100.000


Gimana? Banyak sekali kan ide oleh-oleh dari nusantara? Kalau dihitung-hitung, tadi aku sudah bahas 18 macam makanan loh. Dan masih banyak lagi makanan dari Indonesia yang belum aku bahas di sini.

Pasti akan jadi petualangan seru kalau kalian berwisata keliling nusantara. Yuk, temukan lebih jauh mengenai destinasi, budaya dan makanan di Indonesia melalui telusuRI dengan mengunjungi www.telusuri.org.

Sementara bagi kalian yang tiba-tiba jadi kepingin beli oleh-oleh khas daerah tertentu, tapi jauh, kalian bisa cek Omiyago melalui www.omiyago.com, sebuah portal toko online yang mempermudah kalian mendapatkan kuliner khas dari seluruh nusantara untuk oleh-oleh atau.. untuk dimakan sendiri 😀

Iklan

2 tanggapan untuk “Enak Sekali! Ini 18 Ide Oleh-Oleh Kuliner Dari Sabang sampai Merauke

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s