5 Hal Baru Yang Kualami Ketika Hamil Trimester Kedua

5 Hal Baru Yang Kualami Ketika Hamil Trimester Kedua

Gak terasa waktu berjalan begitu cepat, tiba-tiba aja kehamilanku sudah memasuki trimester kedua. Wuah, penasaran dengan apa yang akan terjadi dan penampakan anakku di USG nanti. Dan yang paling bikin penasaran sampai aku engga bisa tidur: jenis kelamin anakku. Buat mother-mother yang lagi mengandung di trimester kedua, yuk lihat apa aja yang aku alami di timester kedua ini, siapa tau kita samaan.

1. Pergerakan janin

Selama hamil aku sering baca-baca mengenai kapan seorang Ibu akan merasakan gerakan janin di dalam rahim. Kalau dari yang aku baca, memang setiap orang berbeda-beda. Bagi Ibu yang mengandung anak kedua dan seterusnya, cenderung lebih awal merasakan gerakan janin. Bahkan ada sumber yang mengatakan bahwa gerakan janin bisa dirasakan di minggu ke 13.

Nah, bagi Ibu dengan kehamilan pertama, biasanya gerakan janin akan terasa antara minggu ke-16 sampai minggu ke-25. Aku sendiri agaknya udah merasakan gerakan janin kurang lebih di usia kehamilan 15 minggu. Gak tau juga sih itu beneran anakku yang gerak atau cacing dalem perut yang kelaparan.

Jadi karena aku udah baca-baca duluan mengenai pergerakan janin rasanya kaya gimana, aku jadi sering nunggu-nunggu dan ngerasain sendiri waktu mau tidur. Dan waktu pertama sih ratanya cuma kaya kedutan gitu dan jarang banget. Kadang sehari dia ada kedut beberapa kali, besok dan besok lusanya engga ada.

Waktu usia kehamilan kurang lebih 18-20 minggu baru deh aku beneran yakin kalau itu gerakan adek bayi, soalnya kaya ada yang geser-geser berenang dalem perut. Di usia kehamilan di bawah 24 minggu kayanya gak usah khawatir kalau misalkan hari ini dede bayinya gerak, besoknya engga atau jarang-jarang. Aku pernah juga ngerasain waktu usia kehamilan 20 minggu, kemarinnya bayiku gerak-gerak terus eh kok besoknya engga gerak sama sekali. Aku panik. Aku heboh. Aku stres. Eh, tau-tau besokannya dia gerak-gerak lagi.

2. Sakit Punggung

Kayanya ini mah biasa buat ibu hamil ya. Tapi cukup untuk membuatku gak nyaman apalagi ketika mau tidur. Yang paling mempan untuk mengurangi rasa sakitnya menurutku sih diusap-usap pakai minyak zaitun/baby oil.

Klik di sini atau gambar di bawah untuk tahu cara mengatasi sakit punggung saat hamil.

6-cara-mengatasi-sakit-punggung-saat-hamil-banner

3. Kram Kaki

Waktu bangun tidur atau bahkan ketika tidur aku suka engga sadar ngulet dan cara nguletku salah. Waktu ngulet aku narik telapak kakiku ke belakang dan itu sukses bikin kakiku kram dan aku ngaduh-ngaduh tengah malam. Suamiku aja kadang sampe kaget dan bingung, kirain kenapa. Taunya kram.

Setelah aku baca-baca ternyata ada loh cara ngulet yang gak bikin kram. Jadi alih-alih menarik telapak kaki ke belakang, tarik ke depan. Cara ini udah kucoba dan Alhamdulillah jadi engga kram lagi setiap aku ngulet.

4. Perubahan Fisik

Di trimester kedua ini sebenernya gak terlalu heboh perubahan fisiknya, soalnya berat badanku belum naik terlalu banyak. Kalo gak salah di bulan ke7 naiknya sekitar 4kg. Tapi kata orang-orang yang engga punya perasaan aku gendut banget kaya bola, kalo didorong bisa gelinding kali. Hiks, sedih.

Oh ya, emang sih baju dalemku terutama atasan udah bener-bener engga muat sampe engga mungkin lagi kepake. Paling enak beli yang engga ada kawatnya jadi engga sakit.

Setiap pagi juga aku ngerasain yang namanya Carpal Tunnel. Dari yang kutanya ke dokter dan baca-baca, sakit di sendi-sendi jari selama kehamilan ini wajar karena adanya penumpukan cairan di sana. Biasanya sih paling parah pas pagi aja, sampe-sampe aku susah buka pintu dan megang gayung. Untuk mengurangi rasa kaku dan sakitnya, jari-jari harus terus digerakan pelan-pelan, lama kelamaan jari gak akan sekaku dan sesakit ketika bangun tidur.

5. Kerja dan Mengendarai Mobil

Waktu trimester pertama aku masih berangkat kantor naik motor sama suamiku. Tapi makin lama rasanya naik motor makin capek. Jadi aja aku nyetir mobil sendiri ke kantor karena suamiku tugas di luar kota.

Aku masih santai-santai aja kerja dan mengendarai mobil di trimester kedua ini. Aku masih kuat jalan sana sini walaupun cepet capek. Aku bahkan masih bawa mobil sendiri dari Jakarta ke Bandung. Tapi tentunya aku pilih-pilih jam dan hari karena aku nyerah deh kalo nyetir di tengah macet yang kelamaan. Aku sengaja berangkat ke Bandung siang di hari kerja dan sebelumnya aku cek dulu di Google Maps jalanannya kayak apa.

Berangkatlah aku ke Bandung nyetir mobil sendiri dengan kondisi hamil 6 bulan. Selama perjalanan dari Jakarta, setiap ada rest area aku pasti mampir untuk pipis. Soalnya kebelet banget nahan pipis. Nah waktu udah sampe Cipularang aku liat langitnya gelap banget, karena takut keburu ujan aku engga berhenti di rest area terakhir di Cipularang. Eh gak taunya di KM 80 beneran ujan dong dan deres banget sampe mobil di depan aja susah keliatan karena putih banget jalanannya.

Aku pikir hujannya engga bakalan lama atau sepanjang jalan. Ternyataaaa, dari KM 80 sampai keluar tol Buah Batu hujannya bener-bener deres dan aku aja sampe gak berani bawa mobil lebih dari 60 KM per jam, begitu juga dengan mobil-mobil lainnya, semua jalan pelan-pelan. Sementara aku juga udah deg-degan banget sepanjang jalan, ngeri banget rasanya jalan ujan gede banget. Kayanya sepanjang aku nyetir di Cipularang itu ujan yang paling lebat deh. Mana kebelet pipis, huhu..

Klik di sini atau gambar di bawah untuk mengetahui tips mengemudi bagi ibu hamil

cara-aman-berkendara-bagi-ibu-hamil


Nah, itu dia 5 hal baru yang aku alami ketika hamil trimester kedua, gimana dengan kalian?

 

Iklan

Satu tanggapan untuk “5 Hal Baru Yang Kualami Ketika Hamil Trimester Kedua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s