Kontrol Kehamilan di RS Hermina Jatinegara

Kontrol Kehamilan di RS Hermina Jatinegara

Bagi ibu yang sedang mengandung, tentunya sangat penting untuk memeriksakan kandungannya paling engga sekali setiap trimesternya. Nah, kali ini aku mau membantu ibu-ibu yang sedang mencari informasi mengenai kontrol kehamilan di RS Hermina Jatinegara tahun 2017.

alur-rawat-jalan-hermina-jatinegara
Alur Rawat Jalan RS Hermina Jatinegara

Buku Catatan Kesehatan Ibu

Pada saat mulai awal kontrol kehamilan, pasien akan diberikan buku Catatan Kesehatan Ibu yang di dalamnya ada beberapa informasi mengenai beberapa hal seperti: kehamilan yang beresiko, senam hamil, catatan dokter dan sebagainya. Setiap kontrol kehamilan buku tersebut sebaiknya dibawa karena suster akan mencatat beberapa perkembangan seperti berat badan, tekanan darah dan lainnya.

Poli Biasa VS Poli Eksekutif

Oh ya, tidak seperti beberapa RS Hermina Group lainnya yang khusus untuk Ibu dan Anak, Hermina Jatinegara adalah rumah sakit umum. Tapi beda lantai kok dan dokter-dokter obgyn jumlahnya lebih banyak daripada dokter umum dan spesialis lainnya. Lantai praktiknya juga dipisah. Apabila umum praktek di lantai 3 dan 4, maka praktek dokter obgyn baik yang poliklinik biasa maupun eksekutif terletak di lantai 5.

Apa sih bedanya poliklinik biasa dengan eksekutif? aku pernah berkunjung ke dua-duanya dan menurutku perbedaannya gak terlalu signifikan sih.

Poliklinik Biasa:

  1. Harga lebih murah (harga di bawah)
  2. Waktu tunggu lebih panjang (tapi berdasarkan pengalamanku gak sampe sadis banget kok nunggunya)
  3. Ruang tunggu nyaman walaupun datang di hari sabtu yang ramai (aku belum pernah sih mengalami ramainya Hermina Jatinegara sampai kayak pasar, jadi masih OK menurutku)
  4. Bangku ruang tunggu dari besi
  5. Tidak mendapat makanan kecil dan minuman

Poliklinik Eksekutif:

  1. Tarif dokter lebih mahal (harga di bawah)
  2. Waktu tunggu lebih sebentar karena pasiennya lebih sedikit
  3. Ruang tunggu lebih nyaman dan lebih luas daripada poliklinik biasa
  4. Bangku sofa jadi kalau ngantuk bisa boboan, walaupun sebentar juga, kan ngantrinya sebentar 😀
  5. Setiap sampai akan diberikan kotak berisi 2 macam makanan kecil (contoh: risol, pie buah)
  6. Dapat mengambil minuman sendiri (air putih, teh dan kopi)

Jadi menurut kesimpulan pribadiku sih mendingan ke Poliklinik biasa ajah, karena bedanya hampir Rp 100,000 dan untuk minuman dan cemilan kita kan bisa beli sendiri di kantin bawah.

Dokter Obgyn Hermina Jatinegara

Waktu awal-awal aku cek kandungan sama Dr.Rino Bonti SpOG, kebetulan dia prakteknya di poliklinik eksekutif. Sama dokter Rino Bonti enak cuma dia suka kasih obat yang mahal-mahal. Kalau sekali-kali aja aku gak papa, tapi kalau setiap kali cek kandungan tagihanku 2 jutaan lama-lama aku bangkrut juga. Selain itu waktu pertama kali cek dengan beliau aku dikasi buku kecil yang isinya doa-doa untuk ibu hamil, so sweet banget deh.

Akhirnya aku pindah ke dokter Dr. Puji Ichtiarti SpOG yang prakteknya di poliklinik biasa. Aku senang-senang aja sama Bu Dokter ini, dia udah sedikit tua, kalau ngomong to the point (aku suka malas kalau diajak ngobrol kelamaan soalnya canggung). Dan salah satu pertimbangan lainnya adalah dokter Puji Ichtiarti praktek setiap hari di Hermina, jadi aku bebas mau pilih hari apa aja untuk cek kandungan. Bahkan di hari minggu sekalipun, Dokter Puji adalah satu dari sedikit dokter yang praktek di Hermina Jatinegara.

Aku juga pernah kontrol sekali ke Dr. Karmini Srimastuti SpOG cuma aku lupa dia kaya gimana soalnya sebentar banget, kaya kilat jadi engga berbekas kaya apa waktu kontrol dulu.

Selain dari ketiga dokter yang aku sebut di atas aku belum pernah coba. Tapi dari temenku katanya Dr. Arya. W.SpOG dan Dr. Adam Bachtiar.SpOG enak juga.

Biaya Kontrol Kehamilan RS Hermina Jatinegara

tarif-konsultasi-rs-hermina-jatinegara
Perbedaan Tarif Konsultasi RS Hermina Jatinegara tahun 2017 (kiri: biasa, kanan: eksekutif)

Waktu kontrol kehamilan dengan dokter Puji sih biasanya tagihan sekali kontrol (1 bulan sekali) sekitar Rp. 800,000,-. Kalau pakai print USG kalau gak salah biayanya tambah Rp. 100,000,-.

Baiklah, semoga bisa membantu yah!


RS Hermina Jatinegara – Hermina Hospital Group

Jl. Raya Jatinegara Barat No. 126 Jatinegara, Jakarta Timur

Telp : 021-8513838 / Email : jatinegara@herminahospitalgroup.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s