12 Rekomendasi Film Sedih – The Best Sad Movies To Make You Cry

12 Rekomendasi Film Sedih – The Best Sad Movies To Make You Cry

Sedih saat menonton film bagi setiap orang bisa berbeda-beda, bisa jadi tergantung dari bagaimana seseorang tersebut bisa berempati dan menempatkan dirinya terhadap karakter tertentu dalam film tersebut. Bagi seseorang yang baru aja kehilangan kucingnya, mungkin film Homeward Bound akan terasa menyedihkan.

Baca Juga : 16 Rekomendasi Film Dengan Twist Ending Part 1

Oleh karena itu list di bawah bisa saja personal, tapi paling engga kalau kalian lagi ingin nonton film sedih dengan cerita yang bagus, list di bawah dapat membantu kalian memilih.

1. Forrest Gump (1994)

forrest-gump-poster

Director : Robert Zemeckis

Cast : Tom HanksRobin WrightSally Field

Genre : Comedy, Drama

IMDb Rating : 8.8/10

Wah film ini sudah sering banget ditayangin di stasiun TV swasta di Indonesia. Jadi harusnya kebanyakan orang udah pernah nonton film ini. Aku sendiri baru beberapa tahun yang lalu nonton film ini dengan nyewa VCD deket kosan, soalnya denger-denger dari temen film ini sedih tapi bagus banget. Jadi rasanya kurang afdhol kalo nonton lagi sedih-sedihnya terbawa emosi, eh tau-tau keseling iklan obat nyamuk. Kan bete!

Forrest Gump menceritakan mengenai perjalanan hidup Forrest yang gak terlalu pinter dari kecil sampai dewasa, dan perjalanan hidupnya ternyata epic banget. Yang paling bikin sedih itu mengenai bagaimana si Forrest sayang banget sama si Jenny yang sebenernya kurang tau diri (menurutku sih gitu).

Kalau aku tau film ini akan sesedih ini aku engga akan nonton bareng sama siapapun karena aku malu kalau nangis.

2. Hachi: A Dog’s Tale (2009)

hachi_a_dog_s_tale_hachiko_a_dog_s_story-386676685-large

Director : Lasse Hallström

Cast : Richard GereJoan AllenCary-Hiroyuki Tagawa

Genre : Drama, Family

IMDb Rating : 8.1/10

Aduh nyerah deh nonton film ini. Udah beberapa kali nonton masih aja terbawa suasana. Aku agak heran sih kenapa film/cerita tentang hewan lebih menyedihkan daripada tentang manusia yah.

Film ini diangkat dari kisah nyata di Jepang, di mana seekor anjing shiba inu bernama Hachi setia banget sama majikannya. Nah, film ini remake dari film Jepang dan berlatar belakang di Amerika.

Aku pernah menantang diriku sendiri untuk gak nangis waktu nonton film ini. Aku engga nangis lewat mata sih waktu itu soalnya ada temenku jadi aku malu. Jadinya aku nangis lewat idung alias ingusan… Aslinya film ini sedih banget, aku engga ngerti kalau ada orang nonton film ini dan gak ngerasa sedih, mungkin hatinya udah beku.

3. Click (2006)

click

Director : Frank Coraci

Cast : Adam SandlerKate BeckinsaleChristopher Walken

Genre : Comedy, Drama, Fantasy

IMDb Rating : 6.4/10

Salah satu film Adam Sandler kesukaan aku selain 50 First Date. Menurutku film Adam Sandler yang ini cukup mengena dan jadi peringatan agar kita engga menempatkan uang dan karir di atas keluarga. Karena harusnya kita ingat lagi untuk apa uang dan karir kita, untuk membahagiakan keluarga 🙂

Adam Sandler di dalam film ini memerankan tokoh sebagai seorang arsitek yang terobsesi dengan karirnya dan kadang menganggap bahwa keluarga adalah ganguan kecil baginya untuk maju. Sampai suatu hari ia bertemu dengan seorang sales aneh di toko Bath and “Beyond” yang memberikannya sebuah remote yang bisa mengatur laju hidupnya! wah, dipikirnya ini keren dan berguna banget, dia bisa mempercepat momen dalam hidup yang dipikirnya engga penting seperti sarapan bareng keluarga, ngeladenin anjingnya yang kebelet kawin dll. Padahal justru momen-momen itulah yang sangat berharga. Jangan begitu yah man teman 😀

Momen sedih di film ini engga banyak, cuma satu. Tapi scene tersebut minimal cukup membuat bibir bergetar dan pura-pura gatel mata deh.

4. Armageddon (1998)

armageddon_1998_poster

Director : Michael Bay

Cast : Bruce WillisBilly Bob ThorntonBen AffleckLiv Tyler

Genre : Action, Adventure, Sci-Fi

IMDb Rating : 6.6/10

Walaupun dengan segala kemustahilannya, film ini bisa dibilang tegang-tegang bikin sedih. Bayangin ajah, sebentar lagi bumi yang kita kenal, rumah kita, tempat kita nyuci baju, makan dan sebagainya bakalan hancur beserta dengan isi-isinya gara-gara asteroid nyasar. Lalu demi menyelamatkan umat manusia, NASA punya ide gila. Mereka merekrut tim pengebor minyak untuk ngebelah asteroid jadi dua dan membuat asteroid tersebut lewat di lintasan yang berbeda dengan bumi.

Yang membuat sedih, film ini menyelipkan konflik romansa dan keluarga di dalamnya. Apalagi ditambah dengan soundtrack dari Aerosmith yang judulnya “I Don’t Wanna Miss A Thing” aduh dijamin tahan-tahan air mata menggenang deh.

5. Le Grand Voyage (2004)

le-grand-voyage-26740

Director : Ismaël Ferroukhi

Cast : Nicolas CazaléMohamed Majd

Genre : Drama, Romance

IMDb Rating : 7.3/10

Mengisahkan mengenai hubungan antar seorang ayah dan anaknya yang sebetulnya kurang akur. Sang ayah meminta anaknya untuk mengantarnya naik haji naik mobil dari Paris ke Mekkah! Anaknya merasa keberatan dan ogah-ogahan untuk mengantar, namun pada akhirnya ia bersedia juga mengantar walau dengan berat hati.

Sepanjang perjalanan anaknya kerap kali merasa jengkel terhadap ayahnya karena ia sebenarnya belum memahami maksud ayahnya.

6. Life is Beautiful (1997)

life_is_beautiful_ver1_xlg

Director : Roberto Benigni

Cast : Roberto BenigniNicoletta Braschi

Genre : Comedy, Drama, War

IMDb Rating : 8.6/10

Waktu pertama kali aku nonton film ini, aku bingung, ini film maksudnya apa sih? katanya sedih tapi kok ketawa-ketawa mulu. Percayalah teman, jangan terlalu cepat menghakimi film ini.

Film yang pernah memenangi Best Foreign Language di Academy Award tahun 1999 ini menceritakan kisah hidup seorang laki-laki bernama Guido yang ceria dan selalu melihat suatu hal dari yang baik-baiknya terlebih dahulu. Ia adalah seorang Yahudi Italia dan jatuh cinta kepada Dora, wanita yang bukan Yahudi. Hidup mereka bahagia banget apalagi setelah mereka mempunyai anak laki-laki. Tapi sayangnya, suatu hari tentara Nazi menggeledah rumah mereka dan membawa Guido yang Yahudi untuk dipenjara di Kamp. Dora dan anaknya sebenarnya engga usah ikut, tapi mereka engga mau terpisah dari Guido jadi mereka mengaku-aku sebagai Yahudi agar bisa dibawa bersama dengan Guido.

Guido berusaha untuk tegar dengan bersikap ceria di depan anaknya yang ada di kamp bersama dengannya agar anaknya tidak takut dengan tentara Nazi.

Rasanya film ini bisa membuat laki-laki jadi ikut luluh dan sedih melihat segala pengorbanan yang Guido lakukan agar anaknya tetap bahagia di tengah-tengah situasi perang dunia II yang menyeramkan.

7. Up (2009)

untitled

Director : Pete Docter, Bob Peterson

Cast : Edward AsnerChristopher PlummerJordan Nagai

Genre : Animation, Adventure, Comedy

IMDb Rating : 8.3/10

Kalau biasanya yang sedih-sedih ada di penghujung sebagai klimaks sebuah film, berbeda dengan Up yang membuat para penontonnya sedih di awal film. Beberapa menit awal film ini sudah cukup membangkitkan rasa iba ke kakek kesepian yang ditinggal mati oleh istri yang sangat disayanginya.

Kayanya rata-rata penonton akan berempati terhadap kakek-kakek tersebut dan berharap ia akan menemukan kebahagian lain suatu hari nanti. Carl, si kakek tersebut, sangat menyayangi rumah tempatnya tinggal karena rumah tersebut menyimpan seluruh kenangannya bersama sang istri tercinta, Ellie. Namun sayang, rumah tersebut berada di tengah-tengah konstruksi gedung dan kontraktor sudah sangat bernapfu untuk menggusur rumah Carl.

Sebelum Ellie meninggal, Carl ingin membawa Ellie untuk jalan-jalan ke Paradise Falls, tapi mereka engga pernah kesampaian karena Ellie keburu sakit dan akhirnya meninggal. Carl akhirnya mencoba melanjutkan perjalanan tersebut dan secara tidak sengaja mengajak seorang anak pramuka yang teguh pendirian, burung warna warni yang engga bisa terbang dan seekor anjing bisa ngomong yang ingin membawa burung tersebut ke bosnya.

8. The Hunt (2012)

the-hunt-poster

Director : Thomas Vinterberg

Cast : Mads MikkelsenThomas Bo Larsen

Genre : Drama

IMDb Rating : 8.3/10

Aku udah pernah bahas film ini di postingan sebelumnya: Link. Film ini bikin sedih karena kesialan yang menimpa si pemeran utama. Kalo ada orang yang bener-bener sial karena asumsi, ya si Lucas dalam film ini.

Film ini bikin sedih karena melihat seseorang yang difitnah begitu kejam tapi bener-bener engga bisa berbuat apa-apa karena orang-orang udah engga percaya. Nama baiknya dihancurkan dan ia dikucilkan oleh warga setempat setelah dicap sebagai predator anak.

Sebenarnya Lucas adalah orang baik dengan wajah yang kurang mendukung. Secara perawakannya tinggi besar dan wajahnya keras. Orang-orang akan dengan mudahnya percaya kalau ia tega melecehkan putri sahabatnya sendiri.

9. Stepmom (1998)

stepmom

Director : Chris Columbus

Cast : Julia RobertsSusan SarandonEd HarrisJena Malone

Genre : Comedy, Drama

IMDb Rating : 6.7/10

Mengisahkan mengenai konflik seorang Ibu yang telah bercerai dengan calon Ibu tiri anak-anaknya. Susan Sarandon berperan sebagai Jackie yang sangat protektif terhadap anak-anaknya dan merasa khawatir dan tidak percaya kepada calon ibu tiri mereka, Isabel yang diperankan oleh Julia Roberts. Ia terus-terusan skeptis terhadap isabel yang merupakan seorang wanita karir. Apakah Isabel bisa menjadi ibu yang baik terhadap anak-anaknya?

Lalu kenapa Jackie begitu kesal karena Isabel tidak bisa menjadi Ibu seperti dirinya bagi anak-anaknya? Rupanya Jackie berharap Isabel bisa menggantikan dirinya.

Hal yang paling kusuka dari film ini adalah soundtracknya: Ain’t No Mountain High Enough yang dibawakan oleh Marvin Gaye dan Tammi Terrel.

10. Amour (2012)

amour-poster

Director : Michael Haneke

Cast : Jean-Louis TrintignantEmmanuelle Riva

Genre : Drama, Romance

IMDb Rating : 7.9/10

Mengisahkan mengenai hari-hari pasangan tua yang merupakan pensiunan guru musik. Mereka berdua tinggal di sebuah apartemen di Perancis hingga suatu hari sang istri terkena stroke dan segala aktivitasnya terbatas. Sang suami akhirnya merawat si istri dan berjanji untuk tidak mengembalikan si istri ke rumah sakit atau tempat perawatan manapun.

Sang suami berusaha menepati janjinya tersebut walaupun banyak pihak yang memintanya untuk membawa sang istri ke tempat perawatan lain.

11. A Long Visit (2010)

fullsizephoto112450

Director : Sung-Yup Yoo

Cast : Jin-hie ParkHae-suk Kim

Genre : Drama

IMDb Rating : 7.2/10

Menceritakan kisah mengenai hubungan antara seorang anak dengan ibunya yang sedikit unik. Sang anak sebenarnya sering merasa tidak nyaman karena ibunya kerap kali terlalu khawatir dan cenderung norak. Tapi sang anak tentunya tetap menyayangi Ibunya walaupun ibunya tetap saja menganggapnya sebagai anak kecil walau ia sudah menikah dan mempunyai anak.

Suatu hari sang anak pulang kampung dan tinggal bersama Ibunya. Namun sang Ibu curiga karena sang anak tinggal begitu lama bersamanya. Kecurigaannya mengarah kepada kondisi rumah tangga anaknya. Ia berpikir anaknya sedang ada masalah dengan suaminya, jadi ingin menjauh sementara dari rumahnya di kota. Namun kenyataan sebenarnya tidak seperti itu.

12. Steel Magnolias (1989)

steel_magnolias

Director : Herbert Ross

Cast : Sally FieldDolly PartonJulia Roberts

Genre : Comedy, Drama, Romance

IMDb Rating : 7.2/10

Steel Magnolias mengisahkan persahabatan antar tetangga yang hangat dan saling menguatkan. Ceritanya ringan dan mudah untuk diikuti, khas kehidupan sehari-hari. Mulai dari keseharian mereka mengobrol di salon, kebiasaan mereka sehari-hari dan sebagainya.

Film ini banyak diasumsikan sebagai film klasik dan sekarang ada remake versi kulit hitamnya juga loh.

Baca Juga :  12 Rekomendasi Film Horor

Iklan

5 tanggapan untuk “12 Rekomendasi Film Sedih – The Best Sad Movies To Make You Cry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s