Ketawa Sampai Nangis di Dorama Chibi Maruko Chan

Ketawa Sampai Nangis di Dorama Chibi Maruko Chan

Mana yang anak 90-an?? Pasti tau dong kartun pagi di RCTI yang satu ini.. Yak! Chibi Maruko Chan, yang tayang di RCTI setiap hari minggu jam 7 pagi. Karena jam tayangnya yang pagi inilah, kartun ini agaknya bebas dari gangguan berupa siaran langsung tinju. Sayangnya, karena kepagian ini juga saya jadi jarang nonton Chibi Maruko Chan. Niatnya sih pake banget, mulai dengan cara nyalain alarm sampai ngomong ke bantal dan guling, “bantal.. guling.. bangunin saya jam 7 ya, mau nonton Maruko”. Biasanya sih saya akhirnya kebangun pas Maruko udah mau abis atau bahkan cuma kebagian pas nyanyi, “picara..picara..papaparapap..”, lagu penutupnya *sigh*.

chibi maruko 5
Theme Song Chibi Maruko Chan

Setelah saya browsing sana-sini, ternyata kartun Chibi Maruko Chan ini diangkat dari manga yang bercerita mengenai kisah keseharian pengarangnya yang bernama Momoko Sakura waktu masih kecil. Maruko Chan dikisahkan sebagai anak kelas 3 SD yang kepribadiannya bertolak belakang dengan kakak perempuan sekaligus kakak satu-satunya. Kalau kakaknya adalah anak yang rajin, rapih dan pintar, maka Maruko Chan adalah anak yang malas ngerjain PR, gak suka beres-beres kamar dan sering terlambat ke sekolah.

Di anime dan dorama Chibi Maruko Chan, kekurangan Maruko dibuat sedemikian rupa sehingga bisa membuat penontonnya tertawa karena.. memang konyol! Walaupun begitu, selalu ada nilai-nilai baik yang bisa diambil di akhir episode. Contohnya nih: berbohong itu tidak baik karena akan merembet ke kebohongan-kebohongan lainnya, bahkan yang lebih buruk, bisa membuat orang lain ikut-ikutan berbohong!

Cerita-cerita yang ditampilkan cenderung sangat sederhana karena diambil dari kejadian sehari-hari/slice of life dan berkisar antara kehidupan Maruko di sekolah bersama dengan teman-temannya, juga kehidupan Maruko di tengah-tengah keluarganya yang pas-pasan.

Pada tahun 2006, rumor merebak, bahwa untuk memperingati 15 tahunnya Chibi Maruko Chan, ada live action special Chibi Maruko Chan! Saya sedikit skeptis? benarkah? Akhirnya pada tahun 2007, saya benar-benar menonton live action Chibi Maruko Chan yang disebut-sebut itu! Dan benar aja, saya terbahak-bahak dibuatnya.

Chibi maruko 1
Gaya Maruko waktu mencium wangi Unagi yang enak

Dorama Chibi Maruko Chan ini kalau gak salah sebenarnya adalah film televisi, yang artinya hanya disiarkan di televisi dan tidak diputar di bioskop-bioskop. Disiarkan antara bulan April – Oktober 2006, dorama ini terbagi menjadi 2 SP. Di mana setiap SP terbagi lagi menjadi 3 episode yang berbeda. Jangan tanya apa itu SP, saya sendiri sampai sekarang masih bertanya-tanya.

Untuk SP 1, ini dia episode-episodenya:

  • Maruko’s Essay Battle
  • Maruko’s Lie
  • Big Crisis at Sakura’s Home

Lalu untuk SP2, ini episode-episodenya:

  • Maruchan’s Wonderful Life
  • The Gathering of Friends
  • My Best Friend Tama Chan

Dorama Chibi Maruko Chan ini, dibuat dengan benar-benar mengikuti animenya. Setiap karakter didandani dengan begitu persis seperti bagaimana mereka digambarkan dalam Anime. Yang paling epic menurut saya adalah dandanan Kakek Maruko dan Hanawa, yang rambutnya bagaikan speed boat melayang itu.

chibi maruko 3
Main Cast + Hanawa san

Gak cuma karakter, background gunung fuji dan jalan pulang Maruko dengan scene yang diambil dari jauh sementara dia jalan lalu ada orang-orang naik sepedapun, sempat-sempatnya dimasukkan dalam dorama ini.

Selain ceritanya yang lucu, kadang menyentuh dengan nilai-nilai kehidupan, casting dan akting Ei Morisako sebagai Chibi Maruko Chan saya rasa juga membawa dorama ini jadi benar-benar hidup dan sangat menyenangkan untuk ditonton.

chibi maruko 6
Lebay dikit tapi bikin tambah lucu!

Dia bisa membawa kelakuan dan tema Chibi Maruko Chan pada anime yang sering menunjukkan wajah-wajah aneh pada situasi-situasi kepepet tertentu, seperti tiba-tiba pucat, lalu background berubah menjadi angin bertiup…

Sayang sekali si Ei Morisako ini harus tumbuh dewasa (yaiyalah, emangnya doi batu engga numbuh-numbuh), jadi special live action Chibi Maruko Chan yang dibintangi oleh dia engga banyak-banyak. Sebenernya ada sih lanjutannya, Marumaru Chibi Maruko Chan. Tapi pemeran Marukonya diganti dan saya gak bisa komen karena belum nonton juga.

Sebagai kesimpulan, dorama Chibi Maruko Chan bukan film TV yang bisa dilewatkan, bahkan oleh cowo-cowo sekalipun! Dorama ini bisa membawa kita sebagai penontonnya untuk ketawa keras-keras sampai sakit perut karena kekonyolan tingkah dan ekspresi Maruko sampai menangis atau pura-pura nguap (saya) karena terharu dengan cerita-ceritanya yang menyentuh, khas isi hati anak kelas 3 SD.

Iklan

2 tanggapan untuk “Ketawa Sampai Nangis di Dorama Chibi Maruko Chan

  1. Hahaha kayanya kita senasib soal siaran tinju yang ngerusak rencana indah weekend masa kanak2..😄😄 asal mau pindah chanel ke pilem kartun di channel tv satunya, kaget kalo tiba2 siaran tinju, lgsung cepet2 pindahin channel sblum ketauan bokap. Yang apesnya kalo ketauan “tinju ya tadi?eh udah itu aja g usah dipindahin”
    Rusak sudahhh kebahagiaan kanak2 gara2 siaran tinju.
    Pas udah sls dengan santai bokap bilang ” ni udah sls tinjunya, kalau mau ntn lg mah” padahal doi g tau sls tinju lama bgt..acara kartun udh habis smua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s