The Best Movies Adaptation of Stephen King’s Works

The Best Movies Adaptation of Stephen King’s Works

Stephen Edwin King, lahir di Portland, Maine, US pada tangal 21 September 1947, menjadikan usianya 67 tahun pada saat blog ini ditulis. Ia adalah penulis misteri, horor, thriller dan suspense yang telah menerbitkan 54 novel dan kurang lebih 200 cerita pendek, di mana banyak di antaranya telah diangkat ke dalam film, serial televisi, mini seri atau dan komik.

Stephen King adalah salah satu penulis favorit saya dan mungkin jutaan orang lainnya. Saya yang sedari kecil selalu tertarik dengan cerita horor, seringkali melihat namanya dipampang sebelum sebuah film dimulai. Mulai dari Carrie, Pet Sematary, Children of The Corn, sampai Firestarter yang dibintangi Drew Barrymore kecil. Saya yang masih kecil betul-betul penasaran dengan film-film lain yang diangkat dari tulisan Stephen King, hingga ketika saya kuliah dan internet ada di depan mata saya, saya akhirnya bisa mencari film-film apa saja yang diangkat dari karya Stephen King (Lihat: Link of adaptations of works by Stephen King)

Source: http://www.aerogrammestudio.com/
 Stephen King sure loves books!

Ternyata, film yang saya tonton semasa kecil benar-benar hanya sebagian kecil dari seluruh film yang diangkat dari cerita Stephen King. Beberapa film bahkan termasuk kedalam jajaran nominasi film terbaik Academy Award dan termasuk ke dalam salah satu film dalam Top 250 Movies di IMDb.com.

Film-film yang saya sampaikan di bawah adalah favorit saya karena setelah menonton, cerita dalam film tersebut membekas dalam hati saya dan tidak mudah untuk dilupakan.

7. The Shining (1980)

the shining

IMDb Rating : 8.5

Director : Stanley Kubrick

Cast : Jack NicholsonShelley Duvall

Di Samping pencapaiannya yang bagus dalam menjadi salah satu dari 250 film terbaik di IMDb.com, tepatnya pada urutan ke 58, ternyata The Shining mendapat respons yang kurang baik bahkan dari Stephen King sendiri. Stephen King menyatakan, walaupun Stanley Kubrick berhasil membuat film yang memorable, The Shining bukanlah film adaptasi yang bagus dari Novelnya. Memang, antara novel dan film terdapat perbedaan yang signifikan dalam cerita.

The Shining mengedepankan tema horor psikologis dan bercerita mengenai keluarga yang tinggal di hotel yang terisolasi karena badai salju karena sang Ayah menjadi penjaga di hotel tersebut sekaligus ingin menyelesaikan novelnya dengan suasana hotel yang sepi. Namun, sesuatu yang jahat di dalam hotel tersebut merubah sang ayah, Jack Torrance (Jack Nicholson) menjadi seseorang yang berbeda, kejam dan ingin membunuh istri serta anaknya sendiri.

6. Stand By Me (1986)

stand by me

IMDB Rating : 8.1

Director : Rob Reiner 

Cast : River PhoenixWil WheatonJerry O’Connell, Corey FeldmanKiefer Sutherland

Judul Stand By Me diambil dari judul lagu Ben E. King yang juga diputar di akhir kredit dan menjadi soundtrack film ini. Walaupun sebenarnya film ini diangkat dari cerita pendek karangan Stephen King yang berjudul The Body.

Dibintangi oleh River Phoenix, adik dari Joaquin Phoenix, yang meninggal secara tragis di usianya yang masih sangat muda (kalau kalian baca komik Hai, Miiko karangan Ono Eriko, karakter Tapeii terinspirasi dari River Phoenix), film ini menempati posisi ke 179 di IMDb Top 250 (June, 2015) dan menjadi film yang diindikasikan oleh Stephen King sebagai film sukses pertama yang diadaptasi dari tulisannya.

Stand By Me menceritakan kisah empat orang sahabat yang terdiri dari Chris si pemimpin (River Phoenix), Gordie yang pintar dan berpikiran jernih (Wil Wheaton), Vern si tembem (Jerry O’Connell) dan Teddy yang secara emosional terganggu (Corey Feldman) dalam mencari mayat laki-laki yang sudah hilang beberapa hari di hutan. Alih-alih mendapatkan hal yang menjadi tujuan utama mereka setelah menjadi penemu mayat pertama, yakni mendapat kejayaan, mereka malah mendapatkan hal-hal lainnya dalam perjalanan mereka di hutan selama beberapa hari.

5. Carrie (1976)

carrie

IMDb Rating : 7.4

Director : Brian De Palma 

Cast : Sissy SpacekPiper LaurieJohn Travolta

Pada tahun 1976, Carrie menerima banyak review positif dan dianggap sebagai film terbaik pada tahun tersebut.

Carrie adalah novel Stephen King pertama yang diterbitkan sekaligus juga menjadi film pertama yang diadaptasi dari tulisannya. Legenda Carrie membuat Hollywood mencoba untuk me-remake film ini pada tahun 2013 dengan dibintangi oleh aktris Hollywood muda yang sedang naik daun, Chloë Grace Moretz, dan aktris kawakan Julianne Moore

Film ini menceritakan tentang seorang remaja bernama Carrie (Sissy Spacek) yang tertindas, baik oleh ibunya sendiri maupun oleh murid-murid di sekolahnya, terutama Margaret White (Piper Laurie). Carrie menemukan bahwa dirinya mempunyai kemampuan telekinesis, yakni kemampuan untuk menggerakan benda-benda dengan pikirannya. Penindasan yang dilakukan kepada Carrie membuat Carrie tertekan hingga ia mencoba kemampuan telekinesisnya hingga batas kemampuannya.

4. The Green Mile (1999)

the-green-mile-1999

IMDb Rating : 8.5

Director : Frank Darabont 

Cast : Tom HanksMichael Clarke DuncanDavid MorseGary SiniseSam Rockwell

The Green Mile menjadi film adaptasi dari tulisan Stephen King tersukses dari segi budget dan pendapatan baik domestik Amerika Serikat maupun internasional. Dengan budget USD 60 juta, film ini mengantongi USD 290 juta sebagai keuntungannya.

Bukan hanya keuntungan secara materi, The Green Mile juga masuk ke dalam 4 nominasi di Academy Award, di antaranya adalah Best Picture, Best Adapted Screenplay, Best Supporting Actor (untuk Duncan), dan Best Sound Mixing.

Film ini bercerita mengenai Paul Edgecomb (Tom Hanks) petugas penjaga penjara bagian tahanan dengan hukuman mati yang pada suatu hari menerima seorang orang kulit hitam berperawakan sangat tinggi dan besar bernama John Coffey (Michael Clarke Duncan). John dijatuhi hukuman mati dengan tuduhan memperkosa dan membunuh dua gadis kecil. Tidak seperti apa yang orang kira karena tuduhan yang ada padanya dan sosoknya, ternyata John Coffey adalah seseorang yang pemalu, penyayang dan mempunyai kekuatan misterius.

Setelah beberapa saat mengenal John Coffey, petugas penjara merasa keheranan dan bertanya-tanya, sosok John Coffey memang selayaknya orang berhati kejam yang tega memperkosa dan membunuh dua gadis kecil. Tapi perilakunya? ia terlalu lembut dan untuk melakukan itu semua.

3. 1408 (2007)

06714CMX01B

IMDb Rating : 6.8

 Director: Mikael Håfström 

Cast : John CusackSamuel L. Jackson

Secara personal, 1408 adalah film yang membuat saya ketakutan setengah mati lebih daripada menonton film horor lainnya yang menggunakan scene “mengagetkan” sebagai senjata utama menakuti penonton. 1408 secara pelan tapi pasti membawa penontonnya merasa ketakutan bukan atas penampakan-penampakan seram yang ada, tetapi atas sesuatu yang … psychologically disturbing.

Diangkat dari cerita pendek Stephen King dengan judul yang sama, 1408 menceritakan mengenai seorang penulis cerita horor, Mike Enslin (John Cusack) yang sebenarnya skeptis akan keberadaan supernatural. Beberapa kali ia mengunjungi tempat-tempat yang katanya berhantu, namun tidak pernah sekalipun ia mengalami hal supernatural.

Hingga suatu hari, ia menerima kartu post bergambar sebuah hotel Bernama The Dolphin yang terletak di New York, bertuliskan “Don’t enter 1408”. Mike Enslin menganggap ini sebagai sebuah tantangan dan seperti biasa, ia skeptis dengan kebenaran bahwa sesuatu yang jahat, dan telah membunuh 56 orang pada 95 tahun terakhir, ada di dalam kamar 1408.

Apabila kalian menonton film ini, ingatlah bahwa film ini mempunya 4 ending yang berbeda.

2. The Mist (2007)

the mist

IMDb Rating : 7.2

Director: Frank Darabont 

Cast : Thomas JaneMarcia Gay HardenLaurie HoldenAndre BraugherToby Jones

Sutradara Frank Darabont  sudah tertarik untuk mengangkat cerita pendek Stephen King berjudul sama ke dalam layar lebar semenjak tahun 1980-an dan baru terwujud pada tahun 2007. Frank Darabont bersikukuh untuk membuat akhir film The Mist berbeda dari tulisan Stephen King dan menjadikannya sangat gelap. Ia bahkan menolak tawaran seorang produser untuk memproduksi The Mist dengan budget USD 30 juta namun dengan syarat: merubah ending dari apa yang diinginkan Frank Darabont. Ia beralih kepada produser lain yang setuju dengan ending yang diinginkannya dan menyutradari The Mist dengan budget USD 18 juta. Itupun setalah mengurangi honornya sebagai sutradara.

David Drayton (Thomas Jane), sang tokoh utama, beserta dengan anaknya dan banyak orang lain, terperangkap di dalam sebuah supermarket ketika kabut aneh berisi monster menyelimuti kota.

Walaupun bertema utama penyerangan monster, konflik di dalam film ini tidak hanya mengenai si tokoh utama bertahan dan melindungi diri serta anaknya dari monster tersebut, tapi juga dari orang-orang lain yang juga sedang berjuang untuk bertahan hidup.

Usaha Frank Darabont untuk membuat ending dengan gayanya ternyata cukup memorable. The Mist adalah salah satu film dengan ending paling menyesakkan yang pernah ada.

1.The Shawshank Redemption (1994)

shawshank

IMDb Rating : 9.2

Director : Frank Darabont

Cast : Tim RobbinsMorgan Freeman

Berdasarkan trivia di IMDb, The Shawshank Redemption adalah film favorit Morgan Freeman dari semua film yang pernah dibintanginya. Sayangnya, penjualan The Shawshank Redemption di bioskop biasa-biasa saja dan hanya mengantongi USD 19 juta di pasar domestik US sebelum Academy Award dan USD 30 juta di pasar internasional. Justru, keuntungan besar datang sebesar kurang lebih USD 40 juta dari hasil penyewaan video pada tahun 1995. Sepertinya hal ini disebabkan oleh animo masyarakat yang biasa-biasa saja berubah setelah The Shawshank Redemption diumumkan sebagai salah satu nominasi Best Picture Academy Award pada tahun 1994.

Pada website Rotten Tomatoes, The Shawshank Redemption mendapat predikat Certified Fresh dengan skor 91%. Terlebih lagi, dalam website IMDb.com The Shawshank Redemption mendapat rating rata-rata sebesar 9.2 dengan voters sebanyak 1,4 juta yang menjadikannya sebagai film dengan skor tertinggi dan menduduki nomor 1 dalam list IMDb Top 250 Movies.

Film yang diangkat dari cerita pendek Stephen King berjudul Rita Hayworth and The Shawshank Redemption ini mengusung tema drama, dimana seorang bankir bernama Andy Dufresne (Tim Robbins) dihukum mati setelah ditetapkan bersalah atas penembakan dan pembunuhan terhadap istri dan selingkuhannya, walaupun sebenarnya ia tidak melakukannya.

Written By: Syarifah Dhira – I do not own any of these photos in this article.

Iklan

Satu tanggapan untuk “The Best Movies Adaptation of Stephen King’s Works

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s