Recommended Twist Ending Movies – Korean (Spoiler Free)

Recommended Twist Ending Movies – Korean (Spoiler Free)

Secara harafiah, Twist Ending berarti akhir yang dipelintir (ending: akhir, twist: pelintir). Nah, film dengan twist ending sendiri biasanya diasumsikan dengan film yang endingnya membuat si penonton berkata (baik keras-keras ataupun dalam hati), “oh, ternyata”, “oh, jadi selama ini”, dan oh-oh lainnya karena ternyata endingnya mengejutkan, tidak terprediksi, tidak seperti apa yang penonton pikirkan atau bahkan memang semenjak awal penonton dibuat kebingungan. Film dengan twist ending biasanya akan menggiring penonton untuk menilai kembali karakter-karakter atau kejadian-kejadian sebelum ending flm.

Salah satu film dengan twist ending yang paling terkenal adalah The Sixth Sense arahan M. Night Shyamalan (dibintangi oleh Bruce Willis, Halley Joel Osment) . Bagi yang sudah nonton film tersebut, pasti langsung mengerti maksud dari twist ending itu seperti apa.

Tenang saja, kalian tidak akan menemukan spoiler dalam setiap tulisan saya karena saya tahu bagaimana rasanya membaca spoiler tanpa peringatan sebelumnya (huh).

Sesuai dengan judul, kali ini saya akan berbagi rekomendasi film dengan twist ending yang berasal dari Korea. Tidak semua film korea itu drama dan komedi percintaan loh! Saya sendiri sudah menonton satu film (ada di bawah) dan menurut saya film itu adalah salah satu film terbaik yang pernah saya tonton.

Selain itu, salah satu yang menarik dari film korea dengan twisted ending di bawah adalah termasuknya film dengan drama komedi dan romance, walaupun film-film twist ending didominasi oleh genre suspense, thriller atau horror. So, check out!

4. My Sassy Girl (2001)

MVD5675D

IMDB Rating: 8,2

Director : Jae-young Kwak

Cast: Tae-hyun ChaGianna Jun

My Sassy Girl adalah salah satu film Korea dengan penghasilan terbesar dan terlaku pada masanya. Selain teramat sukses di negerinya sendiri, film ini juga sukses menarik banyak penonton di negara-negara tetangga Korea seperti Jepang, Taiwan, China, Hongkong atau bahkan ke negara-negara di Asia Tenggara. Kesuksesan tersebut bahkan menarik sineas film Amerika untuk me-remake film ini dengan judul yang sama dan dibintangi oleh Elisa Cuthbert (The Girl Next Door).

My Sassy Girl menceritakan kisah seorang cowok bernama Gyoen-Woo (Tae-hyun Cha) dan seorang gadis (Gianna Jun) yang tidak diberitahukan namanya dalam film. Gyoen-Woo adalah cowo kuliahan yang hopeless romantic sementara si gadis adalah cewe tukang menyiksa dengan subjek siksaan utama adalah Gyoen-Woo. Mereka berdua bertemu di kondisi yang aneh dalam kereta dimana si cewe yang sedang mabuk muntah ke kepala seseorang dan sebelum pingsan ia memanggil Gyoen-Woo dengan sebutan “Sayang”. Kontan saja satu kereta menatap Gyoen-Woo untuk bertanggung jawab atas ulah si cewe yang orang-orang pikir adalah kekasihnya.

Lebih menarik lagi, kisah dalam My Sassy Girl ternyata diangkat dari kisah nyata yang diposting oleh seseorang bernama Ho-Sik Kim di dunia maya dan telah dibukukan pula sebelum akhirnya diangkat ke dalam layar lebar.

Secara keseluruhan, My Sassy Girl adalah film langka yang membuat kita terpaku pada alur cerita maju-mundur yang diwarnai komedi dan terutama, pada endingnya yang membuat penonton tersenyum.

3. Hello Ghost (2010)

Hello-Ghost_-Opens-23June

IMDB Rating: 7.8

Director: Young-Tak Kim

Cast: Tae-hyun ChaYe-won Kang

Film Hello Ghost ini juga dibintangi oleh Tae-hyun Cha, pemain utama dalam film My Sassy Girl yang dibahas pada poin sebelumnya. Dalam Hello Ghost, Tae-hyun Cha memerankan Sang-Man yang digambarkan sebagai lelaki kesepian yang tidak mempunyai siapa-siapa dalam hidupnya.

Beberapa kali Sang-Man mencoba mengakhiri hidupnya, mulai dari minum pil sebanyak-banyaknya hingga melompat dari jembatan. Namun ia tidak kunjung dapat mati. Kejadian aneh mulai muncul ketika ia bangun dari perawatan di rumah sakit sehabis melompat dari jembatan. Ia bisa melihat hantu!

Tidak cukup hanya melihat, ternyata ia juga diikuti oleh hantu-hantu dengan kepribadian unik! Ada hantu kakek-kakek genit, hantu bapak-bapak tukang merokok, anak kecil rakus dan hantu perempuan yang suka menangis.

Sang-Man yang merasa terganggu akhirnya secara ogah-ogahan memenuhi keinginan hantu-hantu tersebut dengan tujuan agar mereka meninggalkan Sang-Man.

Plot Hello Ghost yang diwarnai komedi membuat penonton terus menonton film sampai habis walaupun dengan bertanya-tanya, “maksudnya apa sih?”. Teruslah menonton dan temukan kejutan di akhir film ini!

2. No Mercy (2010)

No Mercy poster 2

IMDB Rating: 7.3

Director: Hyeong-Joon Kim

Cast: Seung-beom RyuKyung-gu SolHye-jin Han

Film yang sebenarnya kurang terdengar gaungnya ini benar-benar tidak bisa diremehkan. Ia menyajikan permainan manipulatif antara seorang ahli forensik dengan tersangka pembunuhan di atas piring perak dengan banyak garnish di dalamnya. Makan semuanya, dan temukan kejutan di suapan terakhirnya.

Scene dibuka dengan ditemukannya mayat seorang wanita di pinggir danau dengan kondisi termutilasi. Polisi tidak membutuhkan waktu lama untuk menemukan siapa pelakunya.Bahkan, si pembunuh sendiri mengakui secara terang-terangan di depan Polisi, bahwa ia-lah pelaku pembunuhan sadis tersebut.

Tidak seperti kebanyakan film lain, yang mengedepankan tujuan penangkapan sang pelaku, No Mercy memberikan kita cerita lain mengenai perjuangan mati-matian si Dokter Forensik untuk membebaskan pelaku pembunuhan tersebut.

Ternyata si pembunuh ini menculik putri kesayangan si ahli forensik dan memintanya untuk membebaskan dirinya dari segala tuduhan pembunuhan. Kalau tidak, nyawa putrinya akan melayang.

1. Oldboy (2003)

oldboy-poster

IMDB Rating: 8.4

Director: Chan-wook Park

Cast: Min-sik ChoiJi-tae YuHye-jeong Kang

Oldboy adalah film ke dua dari koleksi Revenge Trilogy sutradara Chan-wook Park (dua lainnya adalah Sympathy for Mr. Vengeance dan Sympathy for Lady Vengeance) dan saya harus bilang bahwa Oldboy adalah salah satu film terbaik yang pernah saya tonton. Di IMDB.com, Oldboy termasuk ke dalam jajaran 250 film terbaik, tepatnya di urutan ke 69 (June, 2015)

Sepeti halnya My Sassy Girl, Oldboy juga diangkat kembali dalam perfilman Hollywood dengan judul yang sama pada tahun 2013, dibintangi oleh Josh Brolin (Labor Day) dan Elizabeth Olsen (Godzilla – 2014). Sayangnya, remake Oldboy oleh Hollywood tidak dapat menyamai kesuksesan film aslinya.

Film yang diangkat dari manga Jepang karangan Nobuaki Minegishi and Garon Tsuchiya ini menceritakan kisah seorang lelaki dewasa bernama Oh Dae-Su yang tiba-tiba diculik dan disekap di sebuah ruangan yang mirip motel (lengkap dengan TV, tempat tidur, kamar mandi yang terbuka dan jendela dengan pemandangan bohong-bohongan).

Ia menghabiskan waktu di dalam kamar tersebut selama 13 tahun (iya, 13 tahun!) tanpa tahu, siapa yang menculiknya dan atas alasan apa dia disekap dengan kurun waktu yang sangat panjang.

Hingga suatu hari, Oh Dae-Su dibius, dimasukkan ke dalam koper dan dibebaskan. Begitu saja.

Berbekal kemarahan, Oh Dae-Su mencari orang yang menculiknya.

Ketemu? Iya. Selesai? Justru baru mulai.

Oh Dae-Su bertanya kepada Lee Woo-Jin (si penculik dan penyekap), kenapa dia mengurungnya selama 13 tahun. Mendengar pertanyaan Oh Dae-Su, Lee Woo-Jin tersenyum dan berkata, “Kamu tidak akan dapat jawaban yang benar dengan pertanyaan yang salah. Pertanyaan yang benar bukan kenapa saya kurung kamu selama 13 tahun, tapi kenapa akhirnya saya lepaskan kamu setelah 13 tahun?” (kurang lebih seperti ini percakapannya).

Film ini sukses membuat banyak penonton terkejut pada endingnya.

Iklan

3 tanggapan untuk “Recommended Twist Ending Movies – Korean (Spoiler Free)

  1. Yang udah q tonton baru My Sassy Girl sama Hello Ghost ^_^
    Yang hello ghost bikin aku mewek di akhir cerita,, T_T
    Em,, old boy kayaknya seru juga ceritanya.. mau donlot jg ah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s